“HIDUP BERKEMENANGAN”

“HIDUP BERKEMENANGAN”
Yoshua 6:1-27
SPIN HK, Minggu, 09 Februari 2020
Pnt. Naning

 

 

Pada waktu Musa meninggal di usia 120 tahun (Ulangan 34:7) maka Allah memilih Joshua untuk menggantikan Musa.
Firman yang berbicara tentang kemenangan adalah kitab Joshua. Dimana waktu setelah keluar dari tanah Mesir dia harus menempati Kanaan, namun tanah itu masih ada penduduknya dan Joshua bisa mengusirnya.

Kira-kira karakter seperti apa yang Joshua miliki sehingga dia dipilih Allah dan hidupnya berkemenangan.
Dalam Keluaran 24:9-18, dikatakan bahwa Allah ingin berbicara kepada Musa di gunung Sinai. Musa membawa Harun, Nadab, Abihu dan 70 orang tua-tua Israel. Akan tetapi Musa ingin naik lebih tinggi lagi dan Musa hanya membawa Joshua. Joshua harus menunggu Musa berdoa selama 40 hari 40 malam. Menunggu adalah sesuatu hal yang membosankan, bagi kebanyakan orang. Dari sini apa yang bisa kita pelajari. Joshua sabar dan setia.

Kita lihat Joshua 6:1 bahwa kuat kokohnya bangsa dilihat dari pintu gerbangnya. Akan tetapi tembok itu bisa dirobohkannya. Karena Joshua dia mau mendengarkan suara TUHAN (ayat 2 sampai 5), dan dia melakukan firman TUHAN (ayat 6 sampai 14). Karena Imannya kepada TUHAN maka tembok itu bisa dirobohkannya (ayat 15).

Sekalipun Joshua mengalami kemenangan dia tidak serakah dan tetap taat kepada Tuhan. Tuhan melarang dia untuk mengambil harta benda yang ada didalamnya (ayat 18). Dan Tuhan menyertai Joshua dan terdengarlah kabar tentang dia diseluruh negeri itu (ayat 27).

Segala sesuatu ada waktunya.Dan Tuhan tidak pernah lalai kepada umatnya (2 Petrus 2:9). Yusuf diingat oleh Tuhan. Dalam kesusahannya Yusuf tetap setia dan hidup takut Tuhan, sehingga pada akhirnya Tuhan angkat dia menjadi seorang yang memiliki jabatan tinggi di suatu kerajaan.
Jangan pernah takut dan menyerah. Bila kita ingin mengalami hidup yang berkemenangan kita harus Setia kepada Tuhan, memiliki Iman dan ketaatan. Tuhan Yesus memberkati. Amien🙏