Khotabah 07 Maret 2021 (Pdt. Selamet Yahya Hakim)

Mari kita sama2 membuka alkitab

Markus 1:16-17

Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Jemaat yang di kasihi Tuhan mungkin hari ini background y sedikit berbeda jangan kaget karna hari ini kami live dari yuen long biasa nya kita live dari coswebe tetapi hari ini kita live dari yuen long karna yuen long juga bagian dari spin dan kita berharap suatu hari nanti kita bisa live juga dari singapore dan saudara tahu dan terus doa kan bahwa bulan maret ini adalah ultah yuen long, ultah spin singapore dan ultah gmim lidia hongkong

Spin singapore sudah mulai berkumpul? Mereka akan merayakan ultah pada tgl 21 apakah spin yuen long dan gmim lidia juga bisa merayakan, kita amin kan saudara

Karna nanti pemerintah akan memberikan pengumuman itu kalau gk salah tgl 16 maret ya, begitu kita boleh berkumpul lagi 50% kita langsung rayakan ultah ini saya percaya saudara semua sudah kangen untuj berkumpul bersama

kalau saudara kangen mari saya ajak untuk berdoa bersama2, ada amin saudara

Ya oke nah tema firman TUHAN hari ini adalah sederhana saja yaitu “ikutlah Aku” ya ikutlah Aku,  ada 13 kali Tuhan Yesus menggunakan kata ikutlah Aku, waktu Dia memanggil murid2 Dia cuma sederhana saja Dia cuma ngomong begini ikutlah Aku gk banyak yang di bilang Dia cuma bilang apa ikutlah Aku

Mungkin murid yang lain bertanya berapa biaya pendaftaran nya,  ada murid lain yang berkata kira2 mata pelajaran nya apa lalu apa yang harus kami lakukan tapi Yesus cuma mau ngomong apa ikutlah Aku

Saudara kalau saudara kertemu dengan saya baru pertama kali mengenal saya pun nanti akan gunakan kata yang sama, pak selamet bagaimana cara menjadi anggota spin, pelajaran apa yang saya dapat, saya cuma mau bilang apa ikutlah aku

Rasul paulus berkata sama seperti aku mengikut Yesus maka ikutlah aku

Saudara kata ikutlah Aku ini mempunyai pengertian yang begitu mendalam saya renungkan ulang setidak nya ada 3 hal yang terkandung dari kata ikut lah Aku

Pertama kata ikut lah Aku ini mempunyai pengertian Tuhan mau kita menyerahkan hidup nya bukan sekedar kata kita percaya tetapi mempercayakan

Percaya b. Inggris y belive mempercayakan b. Inggris nya truts ya

Percaya gk saya hebat tetapi berani gk mempercayakan hidup nya kepada saya, belum tentu, tetapi kalau kita ikut Tuhan, Tuhan gk mau kita hanya sekedar percaya percaya Saya hebat, iya, percaya Saya bisa membuat mujizat, iya tetapi Tuhan mau apakah kamu mempercayakan hidup mu kepada Dia

Sekarang ini banyak orang berekreasi ke gunung2 & ke pantai2 ya saya melihat ada rekreasi di tempat yang baru saya belum pernah pergi yaitu jalan di atas jembatan kaca, kalau orang itu takut dengan ketinggian  waktu dia berjalan di atas jembatan kaca itu kaki nya bisa goyang2 ya saudara

Yang ini ada yang lebih hebat lagi saudara dia bukan saja jalan di atas jembatan kaca tetapi dia jalan di atas seutas tali saudara kalau jalan nya setengah meter saya pun mikir  kalau ini cuma seutas tali lebih mikir lagi untuk tidak ikut saudara, lewat lah seorang bapak dengan ilmu kelas tinggi nya dia sampai ke sebrang saudara, hore para penonton nya tepuk tangan, trus si akrobat ini yang melewati jalan itu berkata, kalian percaya saya bisa lewati sekali lagi semua penonton berkata saya percaya, kami percaya engkau hebat,  trus dia ngomong lagi siapa yang mau ikut saya, semua diam gk ada yang mau berjalan dengan dia tiba2 muncul seorang anak kecil dan berkata saya ikut, yang lain berkata itu anak siapa, kenapa dia bodoh sekali, kenapa dia berani ikut ya ini itu dan sebagai nya tapi anak ini tetap mau ikut lalu berjalan dengan bapak nya, sampai di sebrang sana anak ini dengan tenang mengikuti si bapak, rupa nya saudara anak ini adalah anak dari si akrobat yang hebat ini saudara nah sekarang kalian bisa membedakan yang mana percaya yang mana mempercayakan, yang mana belive yang mana trust yang belive yang mana?  Orang2 yang tepuk tangan itu kan tetapi yang trust itu yang mana, anak kecil tadi

Nah saudara apa yang kita butuhkan apabila kita mau mengikut Tuhan bukan sekedar belive tetapi trust

Ada banyak pujian tentang gabungan kata trust ini, meskipun aku lewati lembah kekelaman aku tidak takut marabahaya, kata lewati lembah kekelaman ini diambil dari mazmur 23, mazmur 23 itu bicara apa, bicara Tuhan adalah gembala ku, tak akan kekurangan aku

Kalian pernah piara domba, bebek, pernah piara bebek, saya gk pernah piara domba saya gk pernah piara bebek ya tetapi saya lihat di youtub kalau bebek, bebek nya jalan di depan gembala nya dibelakang tapi kalau domba, domba bagaimana? kalau domba gembala nya di depan domba nya dibelakang

Apa arti nya ini, cukup ikuti gembala nya

Tuhan mau kita bukan sekedar percaya pada Nya tetapi kita trust di dalam alkitab yohanes 10 pasal 3 berkata apa domba2 Ku mendengarkan suara Ku, istilah domba, domba ini adalah binatang yang lemah domba punya senjata cuma tanduk itupun kecil tapi domba punya banyak musuh serigala suka domba, harimau suka domba, manusia suka ambil bulu nya  dan lain sebagai nya, lalu domba ini mata nya jelek dia gk bisa liat terlalu jauh yang dibutuhkan domba cuma satu yaitu gembala keselamatan domba itu bergantung pada apa, bergantung dari pendengaran nya  yang mengikuti gembala nya,  nah saudara  alkitab itu menyebut kita orang percaya sebagai domba coba alkitab ngomong orang percaya itu sebagai harimau kan keren kan, harimau Tuhan atau singa Tuhan atau rajawali itu kan keren nama2 nya

Tetapi alkitab cuma mau ngomong apa gereja itu adalah domba peliharaan Tuhan,  ya Tuhan domba senjata nya cuma segini ya musuh nya banyak tetapi saudara Tuhan mau bilang apa, walaupun sebutan mu domba tetapi kau jangan kwatir selama engkau ikut Aku, selama engkau mempercayakan hidup mu kepada Ku maka engkau akan Ku pimpin ke air yang tenang persoalan nya, apakah engkau mempercayakan hidup mu kepada Tuhan

Segala perkara dapat ku tanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepada ku

Hari2 ini hidup anak Tuhan banyak kesulitan kita tidak tahu seperti apa masa depan kita, walau sebenar nya vaksin sudah di suntik tetapi apakah dengan suntikan vaksin ini dunia akan menjadi lebih baik?  belum tentu saudara tetapi satu hal kita pegang firman ini ikut lah Aku, ini yang pertama

Yang ke dua ikut lah Aku, Tuhan mau kita bukan sekedar mengetahui Nya bukan sekedar undertanding  tetapi Tuhan mau kita mengenal Dia knowing have Relationship,

Knowing have relationship di dalam yohanes pasal 10 ayat 14 mari kita melihat

Yohanes 10:14

Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku, domba-domba Ku mengenal Aku, saudara kita itu gk bisa mengenal Tuhan kalau kita gk ikut Tuhan, ikut yang di maksud di sini adalah jalan bersama2, punya relasi coba nih kita ya dalam perjalanan persahabatan kita jujur kadang2 kita menjadi kecewa dengan teman kan, kenapa kita kecewa dengan teman? setelah kita tahu, setelah kita berjalan bersama2 tapi kadang2 kita juga bahagia kan,  bahagia kenapa?  setelah kita berjalan bersama2 itu sebab nya kalau belom berjalan bersama2 sepuluh tahun jangan bilang dia jelek jangan bilang dia baik tapi kalau sudah 10 thn masih gk tau dia baik masih gk tahu dia jelek itu nama nya belum berjalan bersama2, saudara kehidupan kita dengan Tuhan bukan sekedar pengetahuan otak tetapi kehidupan kita bersama Tuhan itu sebuah relasi, ini luar biasa saudara

saudara cari guru, guru mengajar 1 jam setelah selesai kamu ke kiri aku kekanan ya di sekolah sama kan sudah tamat itu bukan guru mu lagi kita sebut dengan mantan guru tapi Tuhan Yesus selamanya mau deket dengan kita, itu sebab nya Dia berkata apa? ikut lah Aku dan bukan hanya Dia bilang ikut lah Aku tetapi dalam yohanes pasal 15 Dia bilang apa, tinggal lah di dalam Aku, itu arti nya saudara Tuhan mau berjalan bergandengan bersama dengan kita

saudara siapa yang jaga kungkung disini, siapa yang jaga nenek, capek gk jalan dengan kungkung dan nenek sebentar mau pergi nenek bilang lupa bawa barang, balik lagi ya betul kan sebentar mau jalan si kungkung dan nenek bilang aku mau ke toilet dulu ya kita harus stop dulu kan sebentar mau jalan angin sedikit nenek bilang mana jaket ku sebentar mau jalan sedikit nenek meleran, saudara kita capek to, kalau bukan karna $4530 kita sudah lama tinggal kan barang kali, itu boleh saya katakan,

Tapi ingat Tuhan capek gk dengan kita? kita bikin Tuhan capek gk? Sebentar Tuhan bilang mari setia, saudara bilang sebentar Tuhan ada pesta ultah ya, sebentar Tuhan bilang kita kumpul disini, nanti Tuhan saya ada urusan yang lain, sebentar Tuhan bilang mari kita doa puasa, ntar Tuhan perut ku gk tahan lapar Tuhan tahu gk itu, Tuhan tahu tapi Tuhan tidak penah capek dengan kita ya, sifat2 kekanak kanakan, sifat2 yang di manja2, mau menang sendiri dan sebagai nya Tuhan tahu saudara, tapi Tuhan berkata apa ikut lah Aku

Waktu Tuhan memanggil murid2 Nya 3 thn di kasih pelajaran sampai Tuhan mau disalib pun mereka masih tidak mengerti itu sebab nya ada pemberi tahuan pertama tentang kematian Yesus, ada pemberitahu an ke 2 tentang kematian Yesus, ada pemberi tahuan ke 3 tentang kematian Yesus bahkan ada pemberi tahuan ke 4 tentang kematian Yesus tetapi alkitab mencatat  murid2 masih bertengkar tentang siapakah yang terbesar tapi Tuhan gk pernah bilang apa, pergilah tetapi apa ikut lah Aku ini luar biasa, sebenar nya kata ikut lah Aku ini adalah berkat buat kita itu sebab nya saudara yang mendapat panggilan itu, ikut lah Aku jangan mundur apapun keadaan nya tetap lah ikut Tuhan

Yang ke 3 apa yang Tuhan maksud dengan kata ikut lah Aku, kata ikut lah Aku di dalam ayat 17 di katakan markus 1 ayat 17 Aku akan menjadikan mu

Ya ikut lah Aku dan Aku akan menjadikan mu, Tuhan mau kita mengalami transformasi, maksud dari transformasi ini adalah waktu kita berjalan bersama dengan Tuhan, Tuhan ada dalam hidup kita maka pribadi mu dan pribadi Tuhan menyatu, pada saat pribadi mu dengan pribadi Tuhan menyatu , Tuhan membersih kan diri mu dan memberikan sifat2 ilahi Nya pada diri kita sehingga terjadi tranformasi lama2 dirimu si aku itu mati yang hidup siapa? Tuhan yang hidup dalam diri kita ya

Transformasi ini adalah awal dari berkat Tuhan dalam hidup kita sebelum kita serupa dengan Kristus, Kristus tidak memberikan kepada kita kuasa yang besar, coba lihat murid2 Yesus di dalam kitab injil itu adalah pembentukan tetapi di dalam kitab kisah para rasul itu adalah kuasa, kenapa mereka mengalami dan memiliki kuasa yang demikian besar? karna mereka sudah mengalami transformasi, kuasa tanpa sifat Ilahi itu akan menghancurkan diri kita tetapj kuasa dengan sifat Ilahi yang ada dalam diri kita akan membawa kita menjadi anak Tuhan yang memulyakan Tuhan

Itu sebab nya Tuhan bilang apa, ikut lah Aku, Dia mau mengubah hidup kita dulu,Dia mau mentransformasi kan hidup Nya di dalam hidup kita memang saudara waktu Tuhan mengubah hidup kita itu gk enak bener itu gk enak

Itu seperti, seperti apa? seperti sebatang pohon di potong2 dulu bagian2 yang tidak baik di potong2

Jemaat selalu ngomong begini, pak gk pha2 kok bapak kalau tegur saya terima lo, wong negor nya pakai bahasa jawa yang sangat alus jawa keraton itu aja mental apa lagi saya pakai jawa surabaya, apalagi saya pakai bahasa orang sumatra, mati

Tapi di depan dia ngomong nya apa, bapak kalai tegur saya, saya terima nah itu baru ngomong tegur lo belom lagi ngomong pembentukan, pembentukan itu sakit saudara

pohon itu lo kalo di bentuk  di gunting2 di buang2, di beresin ya itu sakit, kadang2 ketika kita ikut Tuhan terjadi transformasi itu sakit, kita salah Tuhan suruh berubah kita ndak bener Tuhan suruh perbaiki, supaya apa saudara, supaya terjadi transformasi

Saya ikut Tuhan sudah lebih dari 40 thn dan tiap2 hari selalu mencari pembentukan yang dari Tuhan, emosi, ke egoisan, karakter, sifat2 yang tidak baik itu semua di transformasi, supaya apa saudara? supaya makin hari bukan makin pinter pimpin pujian supaya makin hari bukan semakin pinter pimpin khotbah bukan semakin hari bisa melakukan mijizat tetapi makin hari makin serupa dengan Tuhan Yesus, itu sebab nya kita harus  ikut Tuhan, kalau kita tidak ikut Tuhan bagaimana saya mengalami transformasi dari Tuhan nah ini 3 makna dari kata ikut lah Aku

Yang pertama Tuhan mau kita mempercayakan hidup Nya

Yanh ke 2 Tuhan mau kita mengenal Dia lebih dalam

Yang ke 3 Tuhan mau mentransformasikan hidup Nya pada diri kita ini luar biasa saudara saya katakan ini luar biasa 

Saya, kalian tahu saya suka nonton film silat ya guru yang super sakti ini bilang kepada murid yang kecil dan kurus ini ikut lah aku, dia gk perlu ngomong yang lain2 cukup ikut lah aku setelah 10 thn dia berikan semua tenaga dalam nya kepada murid yang kurus ini itu guru biasa

Tuhan Yesus guru yang agung Dia berikan hidul Nya kepada kita kalau kita mau ikut Dia dengan setia , yang terakhir

Kalau kita ikut Tuhan otomatis Tuhan jauh gk dari kita, tidak, bukan saja Tuhan tidak jauh dari kita tetapi Tuhan bersama dengan kita

kalau Tuhan bersama dengan kita apakah ada yang harus saya kwatir kan dalam hidup ini, sebentar saya khotbah di kebaktian gmim saya berbicara tentang stefanus yang sebentar stefanus itu di rajam mati oleh karna di lempari batu, saudara kalau orang mati karna di lempari batu perlu berapa kali lemparan sampai dia mati, berkali2 to berarti mati dengan lemparan batu itu adalah menyakitkan tapi stefanus takut gk, stefanus gentar gk, alkitab berkata tidak

kenapa stefanus tidak takut dan gentar karna dia melihat Tuhan bersama dengan dia

Bagaimana kita bisa melihat Tuhan bersama2 dengan kita, jawaban nya sederhana kalau kita ikut Tuhan

Oleh karna itu pertanyaan kita siang hari ini maukah engkau ikut Tuhan

Orang yang ikut Tuhan harus mau mengalami pembentukan tetapi orang yang ikut Tuhan berakhir dengan kebahagiaan

Sebentar saya ada sebuah vidio tentang domba ya vidio ini saya ambil dari sub canel many post

Saya mau tunjukan pada saudara bagaimana domba yang mula nya tidak mau ikut gembala nya

Indah nya mengikut Tuhan, saudara ku yang di kasihi Tuhan maukah engkau mengikut Tuhan dengan sungguh2 menerima panggilan ini.