Khotbah 07 November 2021 – Oleh: Pdt. Selamet Yahya Hakim

Jemaat yang di kasihi Tuhan syalom
1 Yohanes 3:1
Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.
1 Yohanes 3:2
Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.
1 Yohanes 3:3
Setiap orang yang menaruh pengharapan itu kepada-Nya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.
Sepintas kita raba raba ini hari ini firman Tuhan akan mengarah kemana tetapi sebelum kita meraba raba penting sekali bagi kita akui inti persoalan yang ada dalam surat 1 yohanes
Siapa penulis, siapa penerima dan apa tujuan nya
Firman Tuhan berkata ini di tulis oleh Yohanes yang adalah salah satu dari 12 murid yang Yesus pilih
Yang ke 2 Yohanes ini menulis tidak secara khusus kepada sekelompok jemaat tetapi ini kepada jemaat 2 Tuhan
Agak beda kalau Paulus menulis kepada jemaat jemaat tetentu Galatia, Filipi, Kolose dan Efesus
Karna itu sifat dari tulusan ini bersifat umum, yang di maksud yang terjadi pada waktu itu adalah ketika gereja dan kekristenan berkembang lalu pada waktu yang sama ada sekelompok orang yang mulai mengacaukan ajaran dari gereja
Sekelompok orang itu ada di dalam gereja
Di
1 Yohanes 2:18
Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
1 Yohanes 2:19
Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.
1 Yohanes 2:22
Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.
Perhatikan mereka itu tadi nya bersama dengam kita tetapi mereka dengan kita karena mereka punya keyakinan berbeda karna mereka menyangkal Kristus, Bapa menyangkal Anak
1 Yohanes 2:23
Sebab barangsiapa menyangkal Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengaku Anak, ia juga memiliki Bapa.
Nah jadi ini ada kelompok ini mirip mirip gitu lo kelompok yang mirip mirip
Kalian yang pernah kerja di ladang dan sawah yang saya tahu sebelum padi itu berbulir agak susah kita membedakan antara padi dan ilalang kira2 demikian
Ini kelompok ini samar samar ini padi atau ilalang dan kita baru tau nanti setelah hari penuaian
Bikankah hal ini terjadi di gereja bahwa banyak orang seperti nya pergi ke gereja tapi teryata bukan bagian dari gereja dan gereja gak bisa bilang kamu bukan bagian dari kita tetapi yang tau Tuhan dan diri nua sendiri dan itu sudah terjadi jaman dulu mereka menyangkal bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan nah dalam hal praktis nya kelompok ino juga berkata demikian
Kalau kamu percaya Tuhan Yesus kamu selamat kan, yah saya sudah selamat karna saya percaya Tuhan Yesus nah kalau begitu kenapa kamu melayani Tuhan, dan berbuat baik toh melayani atau gak keselamatan adalah anugerah kan dia mau menjebak gitu ya
Kalai gitu gak perlu dong berbuat baik dan melayani lebih2 lagi kamu diselamatkan bukan karna perbuatan to kalau begitu hidup mu gak bener juga kamu diselamatkan kan,
Dia jebak dan setelah dia menjebak dia mengajak anak Tuhan hidup dengan sesuka hati nya, kenajisan, kekotoran silahkan saja ini kelompok ini
Jadi pertama dengan iman dia menyangkal Yesus
Ke 2 dengan perbuatan mereka tidak mau hidup seperti Kristus
Injil yohanes memberitahu kan kepada kita bahwa Tuhan Yesus menjelma menjadi manusia Yohanes adalah murid yang di kasihi tersebut sekarang Yohanes menulis apa yang dia ketahui tentang Yesus di dalam surat Yohanes dan dia katakan demikian
Keselamatan dan hidup seperti Yesus itu adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan
Nah sekarang di dalam pasal ke 3 ini Yohanes ingin memberitahu mengapa demikian ayat 1..
Lihat betapa besar nya, kalau yang nama nya lihat itu bukan sekedar lihat lo tetapi perhatikan, cermati dan alami betapa besar kasih Allah kepada kita
Bagaimana kita mengukur betapa besar kasih Allah kepada kita
1. Apa yang Allah berikan kepada manusia
Memang kita bisa memberi tanpa cinta
Contoh kita sebel dengan pengamen kita kasih duit karna membuat kita tidak nyaman saat makan, bukan karna cinta tapi karna tidak mau di ganggu
Tapi kita tidak dapat mencintai tanpa memberi, memberi adalah ukuran dari kedalaman cinta kita
Karna cinta mu pada anak anak kamu rela jadi buruh migran to dan itu ukuran kedalaman cinta mu
Saya ingat waktu anak saya melamar pacar nya dia memberikan yang terbaik dengan berlian sekalipun setelah itu dia tidak memiliki uang lagi
itu adalah ukuran kedalam cinta anak saya pada pasangan nya
Apa pemberian Tuhan kepada kita, Tuhan memberikan Anak Nya yang tunggal bagi kita
Teman saya punya istri nya sedang mengandung dan waktu itu mertua nya sakit keras, dan mertua nya bilang, kalian kan udah punya anak nah calon anak ke 2 kalian ini kalian berikan saja pada cici kalian karna cici mu sudah menikah 18 thn dia belum punya anak
Dan teman saya tidak langsung menjawab iya tapi dia bilang nanti kita doa kan
Dan saat mereka pulang mereka pusing karna perkara ini jadi begitu berat nya memberikan anak kita kepada orang lain, dan akhir nya teman saya tidak memberikan anak nya
Tapi alkitab berkata karna Allah sangat mengasihi dunia ini Dia memberikan Anak Nya yang tunggal kepada kita ini poin pertama
Poin ke 2 siapa kita, kalau tadi anak saya yang laki2 memberi kepada yang di cintai nya tapi kalau manusia itu menyebalkan Tuhan karna udah dikhotbahin masih nakal, sudah di nasehati masih kurang ajar, sudah diberkati masih gak mau setia itu manusia kan
Apa yang kurang adam dan hawa semua yang ada di taman ini boleh kamu makan kecuali 1 pohon itu tapi mereka malah memilih makan yang dilarang kenapa mereka gak pilih yang semua nah itu kan manusia memberontak
Sudah tau bener bener yang memberkati nya itu Tuhan tapi mereka menyembah kepada yang lain
Berapa banyak anak Tuhan sudah tau diberkati oleh Tuhan tapi melayani dan nyumbang nya untuk yang lain itu manusia
Maka di katakan manusia itu berbuat dosa
Coba pemberian terbaik harus nya diberikan kepada yang terbaik tapi ini pemberian yanga terbaik di berikan kepada orang yang terburuk yaitu saudara dan saya
Maka itu perbandingan nya itu tidak terkira
Yang ke 3 hasil dari pemberian alkitab berkata kamu dan aku disebut anak anak Allah bukan pembantu atau hamba Allab tapi anak anak Allah ini kan sebutan…
Saya ambil contoh Jokowi kan suka nyamar, kalau suatu hari tina Jokowi nyamar jadi pengemis dan saat kamu keluar belanja dan kamu kasih dia sebotol air minum lalu setelah dia minum dia keluarkan kartu nama dan bilang nanti ambil sepeda di istana, senang gak kamu?
Waktu kamu pergi ke istana pasti kamu memakai pakaian terbaik bukan pakaian saat kamu bebelanja karna kamu akan bertemu Jokowi bukan saat dia menjadi pengemis tapi di istana yang waktu dia jadi jadi Presiden
Sama seperti Yesus kan kita bertemu Yesus bukan saat Yesus di kandang domba atau berlumuran darah di kayu salib tapi dalam kemulnyaan Nya
Karna itu kita harus jaga jubah yang Tuhan berikan ini bersih supaya kita masuk itu megah dan orang dunia gak ngerti itu
Mengapa kita harus hidup suci kudus
Pertama karna kasih Tuhan
Ke 2 karna kita kenal Dia
Ke 3 karna kita mau menyambut Dia
Memang rasa nya Tuhan Yesus belom datang datang banyak anak Tuhan lupa mempersiapkan diri menyambut Dia padalah sambutan kepada Tuhan yang terbaik bukan dengan jubah jubah jasmani
Tapi dengan mengenakan jubah jubah rohani yang nama nya dosa dan kenajisan itu harus di jauhkan dari hidup kita
Kita jangan jaga image karna itu bisa kita buat buat yang gemuk pake baju begini kelihatan kurus, yang kurus pakai baju begini kelihatan gemuk, yang muka nya jerawat bisa di tutup make up tapi di hadapan Tuhan kita gak tutup tutup saudara dengan teman teman , pendeta, barangkali kita bisa bohong tapi siapa yang bisa bohong di hadapan Tuhan karna Tuhan itu ada di dalam hati kita
Semua kehidupan kita di kontrol dari hati kita bukan dari otak kita maka nya penyakit yang susah dilupakan itu penyakit hati yaitu sakit hati
Nah Tuhan ada di tempat paling dalam hati kita lalu kita bohongin Dia maka kacau lah semua hidup kita
Yang terakhir ayat 3….
Menyucikan diri, kita percaya nanti Dia datang dengan kemulyaan Nya dan yang Yesus lakukan saat Dia datang dengan kemulyaan Nya Dia akan berikan kemulyaan Nya pada kita lalu kita taruh dimana kemulyaan Tuhan
Saya itu dapat pemikiran kekudusan hidup yang kita miliki ini itu adalah tempat kemulyaan Tuhan
Jadi kalau kita hidup kudus saat kita bertemu Tuhan waktu Tuhan tumpahkan kemulyaan Nya itu maka kita terima saudara ada 3 macam tempat yang kita miliki, dengar baik baik
Yang pertama orang pelit tempat nya sempit, kecil kantong nya waktu di tumpahkan penuh kenapa cepat penuh karna kecil,
Orang yang hidup nya jorok kotor waktu di tumpahkan bocor
Orang yang bener dan melayani Tuhan waktu di tumpahkan gak bocor tapu melar ke kiri dan kekanan itu luar biasa itulah sebab nya nilai dari perbuatan baik kita pelayanan kita harus seperti Kristus karna semakin kita terlibat pelayanan kita, menjaga hidup kita semakin menjaga untuk menerima kemulyaan Tuhan
Di dunia kita boleh kecil, bocor uang nya tapi di surga kita boleh melar nampung kemulyaan Tuhan ini alkitab yang ngomong
Tuhan berkata kita wajib menyucikan diri seperti Dia yang adalah suci maka saat kita menyucikan diri kita menjaga kontainer yang Tuhan berikan kepada kita harus nya kita yang memahami ayat ini gak lagi males malesan, pelit dan hidup gak bener
Ini yang menjadi dasar kita
Hari ini kalau kita gak bener di dunia aja begini lo apalagi Bapa yang disurga to
Coba pengurus gereja selingkuh dunia nya seperti apa lalu sampai di surga bocor kemulyaan itu gak ketampung trus kita pelit apa yang kamu tabur itu yang kamu tuai kalau belanja ini itu duit nya banyak tapi kalau utuk pekerjaan Tuhan
Bener lagu nya dari dulu persembahan kami sedikit sekali
Sudah sedikit seminggu sekali minta Tuhan terima dengan senang hati itu kan maksa
Kan kurang ajar
Jadi ada 4 poin Yohanes beri tahu percaya Yesus dan hidup seperti Yesus itu harus sebab
Pertama karna kasih Tuhan
Karna kita mengenal Tuhan
Dan kita mengalami Tuhan
Untuk menerima kemulyaan dari Tuhan
Aku merindukan saat Tuhan tumpahkan itu buat kitadi dunia boleh orang gak puji puji kita saat kita sudah bersungguh sungguh yang penting nanti Tuhan berkenan dan menumpah kan kemulyaan Nya itu kita mendapat kan nya
Ingat ya waktu Musa ketemu Tuhan di gunung sinai itu gak bisa ketemu muka dengan muka dia cuma dapet pantulan Nya dan muka nya sudah bersinar itu baru dapat pantulan Nya gimana kalau kemulyaan itu benar benar turun pada kita gak perlu kalian pake pemutih atau lipstik lagi karna saat kemulyaan Tuhan itu turun semua itu hanya seperti kotoran
Luar biasa indah sekali
Saya rindu jemaat spin yuen long juga yang menyaksikan live mengalami hal hal semacam itu, itu sebab nya kita hidup seperti Kristus yang hidup, Amin
Tuhan memberkati.