UJILAH SEGALA SESUATU

Khotbah Minggu, 14 November 2021

PF; Pdt. Selamet Yahya Hakim.

 

 

Shalom jemaat sekalian ,

kita lanjutkan pembacaan kita dalam;  1 Yohanes 4:1-6.
Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka. Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.


Jemaat yang di kasihi Tuhan.

Kita sudah mendengar khotbah berseri yang saya sampaikan dalam 1 yohanes.
1 yohanes ini adalah isi utama nya adalah guru yang palsu dan pengajaran yang palsu yaitu mereka mengajarkan bahwa Yesus itu bukan 100% Allah bukan 100% manusia. Jadi menurut mereka Yesus adalah manusia yang di tuhan kan atau tuhan yang samar samar menjadi manusia. Tetapi alkitab iman kristen percaya bahwa Yesus itu bukan manusia yang dituhan kan tapi Yesus 100% manusia tapi Dia juga 100% Allah. Allah yang menjadi manusia, apa susah nya Allah menjadi manusia, Dia maha kuasa yang gak bener adalah manusia yang menjadi allah. Kalau kita percaya bahwa Allah maha kuasa maka tidak sulit bagi kita percaya bahwa Dia bisa datang sebagai manusia,  tapi ajaran yang lain ini, mengajarkan yang lain. Lalu setelah mereka mengobrak abrik doktrin dasar kristen, mereka mengajar. Ya oke lah kamu percaya Allah yang menjadi manusia, tetapi dia miring kan lagi ajaran nya dia bilang “kamu kan percaya Yesus, dan selamat kan, ya sudah kalau begitu perbuatanmu tidak mempengaruhi keselamatanmu” . Maka kita boleh berbuat sesuka hati kita. Maka terjadi kehidupan orang kristen tapi hidupnya tidak mencerminkan Kristus. Kawin, zinah, pornografi, penipuan, percabulan dan sebagainya. Semuanya terjadi, itulah cara mereka membelokkan ajaran itu. Nanti akhirnya, musuh ini menggunakan cara ke 3, oh ternyata orang kristen itu hidup nya tetap seperti Kristus,  maka dia gunakan cara kehidupan duniawi supaya dia meninggalkan iman nya. Jadi 3 macam godaan ini menyebar dan orang yang mengajarkan ini adalah orang-orang yang terpengaruh, berpengaruh yang ada dalam kelompok masyarakat pada waktu itu.
Itu sebabnya yohanes bilang “saudara-saudara terkasih janganlah percaya pada semuanya ” orang bisa saja bicara atas nama Tuhan tapi kita harus lihat dulu isinya, jangan sampai kamu salah mengikuti. Itu sebabnya dia bilang, ujilah roh-roh itu. Bagaimana menguji roh?. Ini agak susah, kalau kita menguji alpukat itu mentah atau matang mudah,  tinggal pencet saja atau menguji ikan di pasar kalau matanya sudah rabun-rabun, itu tidak segar lagi,  kalau matanya masih segar itu tandanya segar atau dagingnya keras atau lembek, dan juga dari baunya. Tapi ini menguji roh bagaimana caranya? Disini ada beberapa tahapan untuk menguji,

1). Kita lihat ayat 2 dan 3. Ini bicara tentang antikristus.  Yang 1 kaptennya dengan anak buah nya, anak buahnya sudah ada kaptennya nanti akan datang. Dari mana kita tahu dia ini antikristus atau bukan ajarannya benar atau salah ? Gampang saja.

  1. Apa pendapatmu tentang Yesus Kristus?
  2. Apakah engkau percaya Yesus adalah Tuhan yang menjadi manusia ?

Kalau dia jawab aa.. eee… aa… eee maka dia tidak benar.

Pada jaman sekarang ini ada tidak orang yang memakai alkitab tapi tidak percaya Yesus?  ada . Bukan hanya yang tidak membawa alkitab
Makanya kalau dia berbicara ajarannya begini dan begitu,  kita tanya dulu, menurut kamu siapakah Yesus?

2). Ayat ke 4.
Roh yang dari Allah itu lebih besar dari roh dunia. Saya bisa lihat kalian ini punya Roh yang besar ketika doakan orang lain, tidak harus jabatan yang membuat kita punya kuasa itu bukan karena jabatan.

  1. Karena kita tau kita anak Tuhan.
  2. Karena kita hidup di dalam Tuhan.
  3. Kita mengimani apa yang Tuhan katakan.

Dan saya bersyukur bahwa dalam pelayanan saya di hongkong ini,  kalau dulu saya di indonesia saya jarang mengusir-ngusir setan, setan nya itu bentuknya beda-beda. Tapi melayani di hongkong, ada jemaat-jemaat yang di kampungnya di isi susuk ini dan itu. Saya tidak dapat pelajaran, saya tidak ikut kelas okutisme , bagaimana mengusir?. pokoknya begitu masuk kesini saya andalkan Tuhan saja,  doakan saja setannya belum keluar, doakan lagi terus siram dengan air,  hajar saja terus dan saya mengalami Roh Tuhan lebih besar dan kalian juga melihat , apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup pelayanan saya.  Lalu setelah di doakan tiba-tiba mau muntah, guling-guling dan lain sebagainya . Ini membuktikan bahwa orang ini ada kuasa dari Tuhan, kalau dia tidak bisa mengusir,  ada pepatah berkata, sesama setan tidak boleh saling mendahului, barangkali dia satu geng atau bagian dari setan itu.  Tapi kalau kita anak Tuhan,  kita hantam untuk keluar dari tempat ini.

3). Ayat ke 5…
Mereka berbicara tentang hal-hal duniawi, lihat saja gaya hidupnya. Saudara , kalau gaya hidupnya di mimbar dan dibawah mimbar beda itu tidak benar, di mimbar dia sangat kudus, di bawah mimbar dia sangat kudis. Itu bukan dari Tuhan . Yang dari Tuhan adalah di atas mimbar dan di bawah mimbar dia seragam/sama. Kalian pelayan Tuhan tamborin, kalau di mimbar cantik-cantik kalau di luar berbeda, atau pelayan pujian kalau nyanyi merem melek, kalau di luar mimbar merem, tidak melek-melek.  itu tidak benar. Jadi kita lihat gaya hidupnya.
Dia berbicara tentang alkitab tapi dia punya selingkuhan dan sebagainya itu tidak dibenarkan. Ada 1 pengkhotbah terkenal sedih dengar nya dia luar biasa, sampai-sampai saya dengar, dia lebih sering tidur di pesawat daripada di rumah. Kalau lebih sering tidur di pesawat dari pada di rumah itu tidak masalah,  tapi yang celaka lebih sering tidur dengan wanita lain, dari pada denga istrinya . Itu terjadi dan kejadian nya ketahuan setelah orang itu meninggal dan bukti-bukti bermunculan. Karena itu dia berasal dari yayasan pelayanan yang besar, maka yayasan ini memanggil detektif dan lawyer untuk melakukan penyelidikan,akhirnya pada 1 kesimpulan yayasan ini mengakui bahwa pimpinannya yang sudah meninggal ini melakukan hal-hal yang tidak baik. Ini adalah fakta. Maka itu perlu di uji.  Itu sebabnya kalian mengagumi pendeta-pendeta besar, tidak masalah.  Tapi jangan sampai kalian mengagumi yang tampak dari luarnya saja.  Misalnya cara dia berbicara, model bajunya keren-keren, senyumannya menawan. Karena kalau sekarang, pendeta itu beda tipis dengan artis. Gayanya keren kaya oppa korea. Sampai di situ perlu di uji lihat gaya hidupnya.

4). Ayat ke 6.
Ia mendengarkan kami, kami yang di sini adalah yohanes dan rekannya yang lain. Yohanes ini jabatannya rasul yang adalah murid Yesus. Yang inti ajarannya adalah memberitakan Yesus yang adalah Tuhan dan juru selamat. Jadi kalau mendengarkan ajaran rasul sama dengan mendengarkan ajaran Yesus. Inti ajaran nya adalah tentang Yesus Kristus. Rasul kembalikan lagi jemaat pada Yesus Kristus. Kalau yang palsu,membawa jemaat keluar dari Yesus Kristus.  Mula-mula nyimpangnya sedikit-sedikit,  lama-lama nyimpangnya jadi banyak. Jelas ajaran kami adalah dari rasul yang di catat jelas dalam alkitab, berarti yang dari Tuhan itu selalu apa kata alkitab. Yang bukan dari Tuhan itu, adalah apa kata dunia.
Jadi 4 poin.

1. Siapakah Yesus
2. Roh nya lebih besar
3. Gaya hidup
4. Mendengar kan ajaran rasul

4 hal ini juga kita bisa praktek kan dalam mencari pasangan hidup jadi ujilah calon pasangan hidupmu;

  1. Apakah dia percaya Tuhan sebagai juru selamat.
  2. Bagaimana dia punya kuasa doa atau tidak.
  3. Gaya hidup nya menurut alkitab apa dunia
  4. Apakah dia mengikuti ajaran para rasul.

Bukan pertama yang kalian lihat, hartanya berapa banyak. Lalu kalau kita mau berbisnis, kalau kita mau tahu ini pebisnis yang baik atau tidak lihat lagi dengan 4 kriteria tadi. Lalu kalau kita mau nasehati anak kita,  untuk cari mantu. Kita kasih tahu lagi 4 kriteria tadi.
Pak saya mau tanya pak,  dulu yang saya pilih boleh tidak pak tukar tambah ?. Tidak boleh.  Kalau saya bilang boleh saya tidak berpegang pada ajaran alkitab. tidak bisa kalau tukar tambah saudara . Yang sudah di pilih, itu jalani. Kalau dia pergi meninggalkan anda , itu bukan salahmu. Itu namanya korban,  tapi kalau kalian yang meninggalkan itu tidak boleh. Kita tidak boleh pakai prinsip,  dulu senang sekarang tidak, dulu sayang sekarang kurang sayang, dulu ada uang saya sayang , itu tidak bisa. Kita harus kembali lagi pada lakitab lewat doa dan kesaksian kita Tuhan akan luruskan.Saya tidak bicara panjang-panjang hari ini, ujilah Roh. Makanya dalam segala sesuatu itu, mata kita itu harus kita buka , walau mata kita kecil,  kita perlu buka lebar-lebar dan lihat jangan sembarangan ikut. menuduh tidak,  tapi tidak curiga, itu juga salah. Tidak menuduh , tapi saya harus tahu dulu , siapa dia ?. mengapa saya harus ikut dia ?. Apakah dia sudah memenuhi kriteria alkitab tadi ?. Kadang-kadang kita sudah buka mata saja,  masih bisa salah lihat , apalagi kalau kita tidak melakukan penelitian yang jelas, ujilah segala sesuatu , sebelum itu jangan ambil kesimpulan.

Tuhan Yesus memberkati.