“Melepaskan Pengampunan”

“Melepaskan Pengampunan”

Ibadah SPIN

11/18/2018

Oleh : Pendeta DR Selamet Yahya Hakim

 

Haris Simamora membunuh 1 keluarga sepupunya dengan linggis karena marah, karena Tersinggung dan Dendam. 1)

Marah, tersinggung dan dendam bisa terjadi dan dialami oleh setiap manusia. Sejak manusia jatuh kedalam dosa .Adam dan Hawa dan keturunan-keturtunannya adalah saksi tentang kemarahan yang berakhir dengan kematian. Disamping itu kemarahan juga menghilangkan sukacita. Itulah sebabnya kita harus melepaskan diri dari cengkraman kemarahan, tersinggung dan emosi. Mazmur 4:5 “Marah”, biarlah kamu marah, namun jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu sitempat tidurmu, tetapi tetaplah diam. Bagaimana caranya bisa marah tapi tidak berbuat dosa?

Mari kita belajar dari Yusuf.Kejadian 45:1, adalah kisah perjumpaan Yusuf dengan saudara saudaranya. Yusuf diperlakukan sangat kejam oleh mereka, namun Yusuf mampu mentralisir kemarahannya dengan beberapa hal.

  1. Yusus menjaga mulutnya agar orang lain tidak tahu masalahnya dengan saudara- saudaranya.
  2. Yusuf melampiaskannya dengan Kasih.
  3. Yusuf memakai kacamata IMAN bahwa Allah tidak merancangkan yang jahat (Kejadian 50:20). Mari kita memakai kacamata Iman untuk mendapatkan sukacita.
  4. Yusuf belajar tentang pengampunan bukan berbicara untuk melupakan tetapi bagaimana melepaskannya. Yusuf dapat melakukan hal ini, itu karena Yusuf merekatkan perhiasan rohaninya yaitu dengan mendekatkan diri didalam Tuhan yang memberikan kepadanya kekuatan untuk mengampuni dengan cara melepaskannya untuk mendapatkan sukacita.

Jika kita di dalam Tuhan maka hal pertama yang kita dapat dan atau harus lakukan adalah pengampunan. Tuhan Yesus mati bagi
kita semua , Dia rela mengampuni kita dengan cara memberi nyawanya sebagai tebusan. Jika ada orang yang bersalah pada kita, kita harus ingat bahwa kita juga pernah bersalah pada Tuhan. Dan sampai hari ini kita masih bersalah, dalam arti terkadang berbuat dosa, dan Ia tetap mau mengampuni ( 1 Yoh 1:8-9).

Karena itu marilah kita mengampuni orang yang bersalah pada kita, supaya sukacita tetap ada bersama kita, Tuhan Yesus memberkati.

 


  1. ) (“Ini Percakapan yang Picu Haris Simamora Bunuh Satu Keluarga di Bekasi” SHERLY PUSPITA Kompas.com – 19/11/2018, 16:07 WIB. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Percakapan yang Picu Haris Simamora Bunuh Satu Keluarga di Bekasi", – alamat url : “https://megapolitan.kompas.com/read/2018/11/19/16070251/ini-percakapan-yang-picu-haris-simamora-bunuh-satu-keluarga-di-bekasi.” – Penulis : Sherly Puspita. Editor : Andri Donnal Putera).