NAMANYA DI SEBUT YOHANES

Khotbah Minggu , 4 September 2022

PF; Pdt.Dr. Selamet Yahya Hakim

 

Shallom Saudaraku,

Mari kita sama-sama membuka Firman Tuhan dalam kitab Lukas 1 ; 57-66.

Lukas 1:57-66 (TB)

“Kelahiran Yohanes Pembaptis”.

Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan ia pun melahirkan seorang anak laki-laki.
Ketika tetangga-tetangganya serta sanak saudaranya mendengar, bahwa Tuhan telah menunjukkan rahmat-Nya yang begitu besar kepadanya, bersukacitalah mereka bersama-sama dengan dia.
Maka datanglah mereka pada hari yang kedelapan untuk menyunatkan anak itu dan mereka hendak menamai dia Zakharia menurut nama bapanya,
tetapi ibunya berkata: “Jangan, ia harus dinamai Yohanes.”
Kata mereka kepadanya: “Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian.”
Lalu mereka memberi isyarat kepada bapanya untuk bertanya nama apa yang hendak diberikannya kepada anaknya itu.
Ia meminta batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini: “Namanya adalah Yohanes.” Dan mereka pun heran semuanya.
Dan seketika itu juga terbukalah mulutnya dan terlepaslah lidahnya, lalu ia berkata-kata dan memuji Allah.
Maka ketakutanlah semua orang yang tinggal di sekitarnya, dan segala peristiwa itu menjadi buah tutur di seluruh pegunungan Yudea.
Dan semua orang, yang mendengarnya, merenungkannya dan berkata: “Menjadi apakah anak ini nanti?” Sebab tangan Tuhan menyertai dia.

https://alkitab.app/v/910af9ecc25a

Jemaat yang di kasihi oleh Tuhan.

Salah satu hal yang sulit dalam kehidupan pasangan yang menjadi ayah dan ibu adalah memberi nama buat anaknya. Berbulan-bulan tidak mendapatkan yang pas.

Cerita alkitab yang kita baca ini adalah cerita tentang menamai anak.

Judul khotbah saya “Namanya di sebut Yohanes”. Atau jhon, atau nama kampung yahya. Elisabet dan Zakaria mempunyai anak . alkitab berkata “Tiba Waktunya iapun melahirkan anak laki-lakinya”. Tetangga serta saudara-saudaranya mendengar dan pada hari kedelapan mereka datang . Ini tetangga-tetangga kepo. kenapa demikian ?.

Karena yang mempunyai anak elisabet dan zakaria tetapi yang mengusulkan nama tetangga-tetangganya. Pada ayat ke 59 : “Maka datanglah mereka pada hari yang kedelapan untuk menyunatkan anak itu dan mereka hendak menamai dia Zakharia menurut nama bapanya, “.

Urusannya apa dengan mereka ?, Saya ingin beritahu saudara jangan jadi orang kepo. Saya berpikir sejenak ,ternyata yang kepo bukan pada zaman ini saja. Dari dulupun ada orang yang kepo. Kadang-kadang kita juga demikian,bukan urusan kita tapi sok ikut campur. Jangan!. Kita harus tahu batasan kita masing-masing. Kalau tidak di tanya jangan di jawab. Kemudian saya senang dengan elisabet”Ibunya berkata: Jangan !! ..dia harus di  namai Yohanes ( ayat 60). Wanita seperti ini mempunyai prinsip, Wanita yang tangguh. Dan kalian adalah wanita yang tangguh . Jangan terpengaruh dengan apa kata orang lain . Apa kata orang itu boleh di dengar tetapi harus di saring. Jika kita tidak menyaring kita tidak akan pernah puas dan kita tidak pernah jadi diri kita sendiri.Jangan pernah merendahkan diri kita oleh karena perendahan dari orang lain.Ketika dia menyebut namanya harus Yohanes, saya belajar beberapa hal. Sebelum kita belajar beberapa hal itu. Kita melihat tetangga belum puas dan berkata ” tidaka ada sanak saudaramu di beri nama itu”. Berarti tetangga ini memaksa. Kepo lagi. Bingung saya melihat tetangga seperti ini.

Kenapa  namanya harus Yohanes ?.

  1.  Elisabet dan zakaria sepakat.

Waktu itu zakaria masih bisu dan tetangga memberi batu kepadanya untuk menuliskan nama anaknya. Tetap di tulis Yohanes. Ini baru bagus. Saya tahu ada laki-laki yang tidak sepakat .  Minta maaf, waktu buat sama-sama ,waktu memelihara hanya ibunya.Kita itu harus susah sama-sama, senang sama-sama .Yang belum menikah carilah yang sepakat . Itulah yang di sebut tulang rusuk , bukan tulang kaki atau tulang kepala. Yang repotnya tulang rusuk iya dan tulang punggung , kepala dan kaki semuanya ada itu namanya balungan. Dua orang tua ini sepakat saudara. Karena :

  1. Mereka tahu anak ini dari Allah.

Minta maaf, ada anak di lahirkan tanpa ayah . Tetapi saya ingin katakan bahwa kalau bukan Tuhan ijinkan dia di lahirkan , dia tidak mungkin ada.Jadi jangan lihat ayahnya,tetapi ingat Tuhannya . ingat Tuhan membuat hati kita senang .

2. Anak ini bukan hanya hidup karena kehendak ayahnya tetapi juga karena kehendak Allah .

Ayah itu terbatas. Sehebat-hebatnya zakaria dia punya keterbatasan. Betul anak ini dilahirkan dari keluarga zakaria. Anak ini ada rencana Tuhan dalam hidupnya.

Saudara yang di kasihi Tuhan , hal yang paling sulit dari orang tua dalam hidupnya adalah menaruh rencana Tuhan dalam hidup anaknya . Kalau orang tua sadar akan hal ini, maka tidak sulit dia membawa anaknya datang ke gereja/sekolah minggu .

3. Saudara awalnya zakaria dan elisabet menolak anaknya di beri nama zakaria karena dari orang lain. Dia langsung memberi nama Yohanes karena itu kehendak Tuhan. Itu sebabnya kita harus tahu bahwa ada rencana Allah dari setiap anak yang di titipkan. Saya punya 2 anak, yang satu memang dia tidak pernah banyak bicara . Tetapi dia dari umur kecil sampai sekaranh yang namanya tugas melayani, dia tidak pernah tidak datang . Sekarang dia mempunyai anak saya ingatkan dia lagi untuk membawa anaknya datang ke gereja dan dia melakukannya . Itu samuel. Kemudia kardia pandai bicara , berbincang dengannya tidak akan ada habisnya,pintar mengajar. Ketika dia di hawai pergi pelayanan bertemu dengan orang-orang hongkong yang pindah ke hawai, mengajar bahasa inggris, dia punya hati untuk memberitakan Injil. Dan dia merasa bahwa Tuhan mau memanggil dia lebih lagi . Saya tidak pernah berkata “No,No,No”. Saya selalu berkata , apapun yang kamu lakukan untuk Tuhan , itu yang pertama dalam hidupmu. Dan saya percaya setiap anak itu punya rencana Tuhan. Jadi kalian yang pernah jadi anak dan masih tetap anak, pikirkan apa rencana Tuhan dalam hidupmu. Bagi kita yang sudah punya anak kita pikir lagi, apa rencana Tuhan dalam hidup anakmu. Karena dia datang ke dunia tidak ada yang kebetulan.

4. Mereka Taat dan pegang janji Allah .

Tidak punya anak awalnya dan Tuhan janji akan beri mereka keturunan dan namai dia Yohanes . Dan mereka Taat apa kata Tuhan. Saya belajar

TAAT DAN PEGANG JANJI ALLAH gampang kalau belum dapat, sulit kalau sudah dapat . Kalau sudah dapat dan dia tetapi setia itu saya angkat jempol 👍.

KENAPA NAMANYA HARUS YOHANES ? .

2 : Jhon artinya Tuhan Baik. Tetapi joni belum tentu baik.

1 . Apa kebaikan Tuhan buat mereka ?.

  1. Di beri keturunan

2 . Apa kebaikan Tuhan buat yohanes ?.

Tuhan mau pakai dia.

Kita di pakai Tuhan karena kebaikan Tuhan anugerah dari Tuhan kita bisa melayani . Tidak ada cita-cita kita datang ke hongkong untuk melayani Tuhan tetapi karena mencari dolar . Itu kebaikan Tuhan.

3 . Kebaikan Tuhan Bagi Umat manusia .

Karena Jhon itu adalah perbatasan perjanjian lama dan perjanjian baru . Tuhan Yesus bilang apa ?.

” Tidak ada Nabi yang lebih besar dari pada dia”.

Jhon adalah jembatan, begitu jhon muncul, Yesus datang.Makanya namanya jhon ini tugasnya itu mempersiapkan jalan untuk Tuhan Yesus . Jadi waktu orang melihat jhon , orang langsung ingat kebaikan Tuhan . Jhon itu di utus untuk mendahului kedatangan Tuhan Yesus.

Yang terakhir apa yang bisa kita pelajari ? .

Elisabet dan zakaria luar biasa . Nama jhon begitu indah.

Sebagai orang tua , sayang anak boleh-boleh saja, sekolahkan anak harus,manjakan anak kalau kamu ada uang boleh, . Di atas semuanya itu jadikanlah anakmu, arahkan,usahakan agar tetap hidup menurut kehendak Tuhan. Kalau kalian masih anak-anak, jadilah anak yang hidup tetap setia menurut kehendak Tuhan. Walaupun jauh dari orang tua ataupun tidak ada orang tua, orang tua kita sama Allah Bapa di surga . Tuhan punya rencana dalam hidup Kita.  Amin .

Apakah zakaria dan elisabet mendidik anak dengan baik ? YA . karena alkitab mencatat usia 8 hari sudah di sunat . Artinya pada zaman itu dia bawa ke bait Allah dan di sunat . Ketika di sunat anaknya menjerit karena belum ada suntik untuk bius. Sakit tapi demi mengikuti aturan gereja pada zaman itu dia berikan.

Tuhan Yesus Memberkati . Amin.