TENTANG KERAJAAN ALLAH SERI III

Khotbah Minggu, 26 Juni 2022

PF ; Pdt. Dr. Selamet Yahya Hakim

 

Kis 1 ; 3 Kalimat terakhir berkata ; Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang kerajaan Allah.

Saudara yang di kasihi Tuhan.

Tuhan Yesus bangkit lalu tinggal bersama dengan murid selama 40 hari , Ia berulang-ulang dalam berbagai kesempatan berbicara kepada murid-murid tentang kerajaan Allah.

  1. Tujuan berbicara ulang-ulang supaya mengerti. ( karena belum mengerti).
  2. Tujuan bicara ulang-ulang berarti itu penting. ( kita sebagai orang tua ketika berbicara kepada anak kita “HATI-HATI” itu sudah dari mereka kecil sampai besar).
  3. Tujuan bicara ulang-ulang karena tidak melakukan. ( kebayang tidak ketika Tuhan Yesus berbicara kepada murid-muridNya berulang-ulang.

1). Supaya mengerti bahwa Kerajaan Allah itu adalah wilayah hati manusia yang percaya kepada Tuhan Yesus. Karena konsep kerajaan Allah dari murid-murid beda. Murid-murid punya konsep kerajaan Allah itu seperti  daud , yang punya kerajaan, berarti murid-murid punya konsep fisik tetpai Tuhan Yesus bilak TIDAK. Hatinya dulu yang ada Tuhan Yesus disitulah Kerajaan Allah. 

  • Orang kalau hatinya tidak punya Tuhan Yesus, dia tidak bisa berbicara tentang kerajaan Allah.
  • Orang yang hatinya tidak punya Tuhan yesus , dia tidak akan melakukan pekerjaan Tuhan.

Jujur saja. setiap kali dia ikut dalam pekerjaan Tuhan , dia membuat kekacauan dan mempunyai motivasi yang lain. Karena hatinya tidak memiliki Tuhan Yesus. nah ini repot, saya ini kadang-kadang ketemu dengan orang yang tidak punya hati Tuhan Yesus, tapi tetap terlibat dalam pekerjaan Tuhan. Bukannya membantu tetapi malah ngerecoki/buat masalah.

2). Tuhan Yesus beritahu juga , kalau kamu bagian dari kerajaan Allah, maka kamu harus  terlibat dalam hal ini. “Maka itu jadikanlah semua bangsa muridKu”. Tidak pernah ada dalam sejarah manusia, gembala kalau menggembalakan domba, yang hamil duluan gembalanya,selalu yang hamil dan beranak itu dombanya bukan gembalanya. Tapi dalam kenyataannya gembala kerjakan A,B,C,dll, dombanya hanya makan rumput hijau. Itu namanya mou yung (bahasa kantonis) yang artinya tidak berguna. Tuhan sudah kasih pengertian dan beritahu murid-muridNya,tetapi hanya melipat tangan.

3). Karena murid-muridNya tidak melakukan . kenapa tidak melakukan ?. Barangkali bukan mereka tidak mengerti tetapi mereka takut . Saya perhatikan di dalam perjanjian lama, Tuhan berbicara berulang-ulang itu dengan 2 tokoh.

  1. Musa. Tuhan berbicara kepada musa ; ” PIMPINLAH UMATKU KELUAR DARI TANAH MESIR”. musa berkata kepada Tuhan, dia tidak bisa berbicara di depan banyak orang ” tidak pintar bicara”. Dan Tuhan berkata kepada Musa , kalau tidak bisa berbicara ,Tuhan memberikan harun supaya membantu musa(menjadi Jubir musa). Terkadang saya heran dengan Tuhan. Harun pintar bicara tetapi musa yang di pilih . Kenapa tidak suruh harun saja dari awal. Tetapi kita tidak tahu alasan Tuhan tentang ini.  Dan ternyata ada sesuatu yang Tuhan lihat, bahwa musa hatinya penuh kasih. Musa pernah berkata ketika Tuhan mau menghabiskan bangsa israel “Biar aku saja yang mati”. Musa memanag tidak punya kemampuan untuk bicara , tetapi hatinya itu mau berkorban untuk domba-dombanya. Saudara, cari gembala bukan hanya pintar bicara tetapi juga harus cari hatinya. Lihat hatinya bukan lihat marahnya, nanti sakit hati. Sedikit-sedikit tersinggung dan kecewa. Tetapi bukan hanya itu saja , karena secara fisik, seluruh bagian tubuh kits ysng bisa timbuh lagi setelah di potong itu adalah hati . Itulah hebatnya hati. Tumbuh dan sembuh di dalam Tuhan. Pada akhirnya musa mengikuti perintah Tuhan dan berjalan.
  2. Yosua. Pada akhir perjalanan musa, Tuhan menyerahkan tongkat ekstafet kepada yosua (Yosua 1). Ketika yosua menoleh kebelakang , dia melihat bahwa yang di pimpinnya adalah umat israel(sama dengan jemaat SPIn). Umat itu terkenal dengan tegar tengkuk. Kenapa yosua tahu?. Karena saat yosua masih muda pernah jadi pengintai. Ada 12 orang pengintai, 10 bilang kita ini kecil kayak belalang, cuma yosua dan kaleb yang berkata TIDAK. Awalnya Yosua tidak mau , sampai tuhan berbicara kepadanya 3x dengan suara lantang. ” HANYA KUATKAN DAN TEGUHKAN HATIMU” ( yosua 1 ; 1-9). Barulah  yosua memberanikan diri . Yosua  merasa takut karena mengurus banyak orang sangat berat.
  3. Petrus. Tuhan berbicara kepada petrus sebanyak 3x , Dia berkata ” GEMBALAKANLAH DOMA-DOMBAKU”. itu tandanya petrus juga tidak mau.

Saudara, siapa sih yang mau terlibat dalam pekerjaan Tuhan ? . Pada akhirnya kita berkata ” pak saya jadi jemaat biasa saja”. Lebih parahnya lagi, “saya jadi jemaat agent rahasia saja”. munculny sesekali seperti kapal selam. Kenapa seperti itu?. Karena Tuhan tahu itu berat dan kita tidak mampu. Tetapi Tuhan Yesus berkata dalam matius 28;20 kalimat terakhir” DAN AKU MENYERTAI KAMU SAMPAI PADA AKHIR ZAMAN’. Saudara, Itulah kerajaan Allah. Jadi apa itu kerajaan Allah ?. Adalah “Kebersamaa kita bersama dengan Tuhan Yesus. Dan kebersamaan Tuhan dalam hidup kita itu sangat dahsyat. Dalam markus 16; 17 berkata ; ” Tanda-tanda inilah yang akan menyertai kamu ; Mengusir setan dalam namaKu, lalu kemudian pegang ular dan sebagainya tetapi tidak mati. Tetapi di dalam matius tidak di jelaskan . Kalimat di dalam matius tertulis. ” Dan ketahuilah Aku menyertai kamu senantiasa”. Mujizat,Kuasa tidak mungkin di luar Tuhan. Tetapi Mujizat dan Kuasa hanya ada di dalam Tuhan .

  • Pegang Tuhannya , maka ada  Kuasanya.
  • Imani Tuhannya maka ada Mujizat dalam pelayanan kita.

Tuhan berkata ” Aku menyertai kamu,jangan takut”. Keluaran 33 ; 15 ” berkatalah musa kepadaNYa ; Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini”. Tapi Tuhan berkata ” My Present will go with you”. Musa minta penyertaan Tuhan dan dia mendapatkannya. Contoh lain yang mendapata penyertaan Tuhan yaitu Daniel. 

Kenapa singa tidak memakan daniel?. Karena dalam dirinya ada Penyertaan Tuhan. Penyertaan Tuhan ini di berikan kepada orang yang mau melayani. Dari yang tidak mampu dimampukan. Dari tidak ada menjadi ada. Saya baca dalam kitab KItab para rasul 3, betapa dahsyat Penyertaan Tuhan. Contoh sederhana saja petrus keluar lalu bertemu dengan orang yang lumpuh ,dia berkata “Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi dalam nama Tuhan Yesus berjalanlah” Luar biasa. Dan puncak kesuksesan dari penyertaan Tuhan bukan pada kesuksesan pelayanan, tetapi justru pada saat kita pikul salib. Stefanus adalah orang pertama yang pikul salib dan mati. (kis 6;7). Tetapi justru ada penyertaan Tuhan. Stefanus ini luar biasa .

  1. Ketika di tangkap, stefanus mendapatkan tuduhan-tuduhan,pembelaan stefanus,lalu stefanus di rajam. Tetapi setelah di tangkap mulutnya tidak berhenti berbicara tentang Injil.
  2. Ketika mulutnya tidak berhenti berbicara tentang injil, dia di lempari batu. Pada waktu itu juga dia melihat pintu surga terbuka , Anak Manusia berdiri. Stefanus bisa melihat Kemuliaan Tuhan pada saat badannya sakit.
  3. Stefanus berkata ; Bapa ampunilah mereka. 

Kenapa saya tahu stefanus mendapat penyertaan Tuhan ?. Setelah stefanus mati, saulus masih pergi mengejar murid-murid Yesus. (kis 9;5-6). Jawab saulus ; “Siapakah Engkau , Tuhan ? , KataNya ; Akulah Yesus yang kau aniaya itu”. Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota , di sana ada di katakan kepadamu, apa yang harus kau perbuat. Kenapa berkata demikian ?. Karena saulus menganiaya orang percaya. Jadi berarti pada saat stefanus di aniaya, Tuhan juga mengalami penganiayaan tersebut. Berarti stefanus pribadi yang mendapatkan Penyertaan dari Tuhan . Maka dalam keadaan susah, dia tetap beritakan Injil,melihat Kemuliaan Allah dan mengampuni orang lain. Dan akhirnya saulus bertobat dan menjadi paulus . Dari orang jahat ,menjadi orang yang memberitakan Injil.

Saudara, kalimat terakhir itu luar biasa. Dan ketahuilah Aku menyertai kamu sampai akhir zaman. Saya percaya kita semua mengalami penyertaan Tuhan. Kalau bukan penyertaan Tuhan, kita tidak mungkin sampai di hongkong. Saya ingin beritahu saudara,Penyertaan Tuhan itu lebih dari sekedar kesuksesan pribadi. Dia mau mengajak kita melayani bersama. Hamba Tuhan itu punya 2 yang tidak bisa di tolak ;.

  1. Berkat.
  2. Pekerjaan.

Karena saya kerja bukan untuk manusia tetapi untuk Tuhan. Saya cuma mau mengikuti apa yang Tuhan mau saya kerjakan. Mau kerja di atas hotel bintang 5 atapun di bawah kolong jembatan, saya tidak tolak.

Saudaraku yang di kasihi oleh Tuhan , saudara punya kesempatan di pakai oleh Tuhan. maukah saudara di pakai oleh Tuhan?. Jangan pernah berkata ; aku wong cilik”, Memang kamu kecil tetapi Tuhan kita besar. Dan Dia akan pergi dengan kita untuk pekerjaan ini. Dalam banyak kesempatan serahkan diri untuk di pakai oleh Tuhan. Yang sudah melayani di bidang musik,egape, teruslah kerjakan, saya tidak mau di sini cuma jadi pengamat. Pengamat itu cuma cari kesalahan orang. Saya butuh orang yang mau bekerja bagi Tuhan.

Serial khotbah tentang kerajaan Allah sudah selesai. Saya mau kita semua aktif bekerja untuk Kerajaan Allah.

Tuhan Yesus beserta dengan kita .        AMIN.